Visiting Lecturer Program Doktor S3 HK Hadirkan Dosen dari St. Petersburg University Rusia


Program Doktor S3 Hukum Keluarga (HK) Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung adakan Visiting Lecturer dengan tema  “Sufi Ka’bas: Travel Diary of Jawi Pilgrims of the 19th Century” dengan menghadirkan narasumber Prof .Irina Katkova, Ph.D yang aktif sebagai dosen senior di Fakultas Studi Oriental, Universitas Negeri St. Petersburg Rusia. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung B Ruang Perkuliahan Pascasarjana pada Kamis, 4 Juli 2024.

Visiting Lecturer ini dihadiri sejumlah mahasiswa S3 HK angkatan 2022 dan 2023 didampingi Ketua Prodi Prof. Dr. Hj. Siti Mahmudah, M.Ag dan Sekretaris Prodi Dr. Hj. Linda Firdawaty, M.H

Prof. Dr. Hj. Siti Mahmudah, M.Ag membuka kegiatan dengan menjelaskan sekilas biografi Prof. Irina R. Katkova yang merupakan lulusan Oriental Universitas Negeri St Petersburg bidang sejarah yang mana sejak lulus sarjana tahun 1991 beliau semakin tertarik dengan penelitian manuscript terkhusus pada aspek keagamaan islam dan tasawuf.

Tahun 2001 hingga 2014, Irina Katkova aktif sebagai peneliti di Institut Manuskrip Oriental Akademi Ilmu Pengetahuan St. Petersburg Rusia. Sejak 2014, ia bekerja untuk proyek Ensiklopedia Islam dan Ensiklopedia Mistisisme Brill, 2016 menjadi peneliti senior di Institut Internasional Studi Asia di Leiden. Irina Katkova juga pernah menjadi peneliti tamu di berbagai institusi lain, termasuk Institut Studi Asia Nordik di Kopenhagen, Institut Studi Lanjutan Belanda, ISAM di Istanbul, Archief Nasional Den Haag, dan Institut Internasional Studi Asia di Leiden.

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi materi dari Prof Irina dengan judul  “Sufi Ka’bas: Travel Diary of Jawi Pilgrims of the 19th Century”. Diskusi dan tanya jawab dilaksanakan setelah pemamparan materi.

Antusias mahasiswa dilihat dalam kegiatan diskusi yang aktif mengkaji ilmu yang dimiliki Prof Irina. (TWI)