“Contribution of Digitalization Financial Industry in the Real Sector” Menjadi Tema Webinar S2 Ekonomi Syariah


Jum’at, 5 April 2024 Program Magister (S2) Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung bekerja sama dengan Fukuoka Women’s University, Jepang dan Fakultas Ekonomis Bisnis UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta sukses adakan Webinar Internasional dengan tema “Contribution of Digitalization Financial Industry to the Real Sector. Webinar ini berlangsung melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang di dominasi oleh dosen dan mahasiswa jurusan Ekonomi dari berbagai daerah di Indonesia. Tercatat sekitar 300 peserta tersebar dari Sabang sampai Merauke mengikuti kegiatan ini. Webinar secara virtual ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang Kontribusi Digitalisasi Industri Keuangan Terhadap Sektor Riil.

Adapun narasumber pada webinar internasional ini yaitu; Prof. Dr. Ibnu Qizam, M.Si., Ak., CA selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah dan Prof. Tetsu Konishi, Ph.D selaku Associate Professor, Fukuoka Women’s University, Jepang.

Diangkatnya tema besar ini untuk memberikan manfaat ilmu bagi dosen dan juga mahasiswa khususnya mahasiswa S2 Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung juga mewujudukan digitalisasi, internasionalisasi, dan juga kemandirian sesuai dengan visi dari UIN Raden Intan Lampung.

Webinar dibuka secara resmi oleh Direktur Pascasarjana UIN RIL, Prof. Dr. Ruslan Abdul Ghofur, M.Si. Direktur mengapresiasi penyelenggaraan webinar internasional ini dapat menghadirkan narasumber internasional yang ahli dibidangnya dan diikuti oleh banyaknya peserta yang tersebar di seluruh Indonesia juga sebagai bentuk peningkatan ilmu dalam dunia internasional khususnya bagi mahasiswa S2 ES Pascasarjana UIN RIL. “Saya berharap materi atau ilmu yang akan diberikan narasumber dapat memberikan wawasan untuk peserta webinar,” ujarnya.

Dilanjutkan dengan sesi presentasi materi yang disampaikan oleh narasumber dan dipandu oleh moderator: Mia Selvina, SE.,M.S.Ak. Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Ibnu Qizam, M.Si., Ak., CA selaku pembicara pertama. Prof Ibnu mempresentasikan materi “Digitalization of Sharia Economics in the Real Sector. How does the digital Sharia economy and Financial Inclusion play a role in Developing Islamic Boarding Schools-Based Halal-Value Chain?.

Kemudian dilanjutkan dengan materi yang berbeda yang disampaikan oleh narasumber kedua. Mr. Tetsu Konishi, Ph.D menyampaikan materi tentang “Digitalization and State Capitalism in Indonesia.”(TWI)