Home » Berita » IAIN Menuju UIN

IAIN Menuju UIN


SK Perubahan IAIN Raden Intan Jadi UIN akan Terbit Bertepatan Pada Hari Santri 22 Oktober.
BANDAR LAMPUNG — Kementerian Sekretariat Negara mengupayakan surat keputusan (SK) perubahan alih status IAIN Raden Intan Lampung menjadi Universitas Islam Negeri dikeluarkan pada pekan depan.
“Kami akan upayakan SK peralihan statsus IAIN menjadi UIN terbit minggu depan, bertepatan pada hari santri yang jatuh pada 22 Oktober. Sesuai kesepakatan dan permintaan kementrian terkait dan IAIN,” kata Asisiten Deputi Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Kementrian Sekretariat Negara Hanung Cahyono, di sela-sala focus group discussions (FGD) di Aula Rektorat IAIN setempat, Jumat (14/10/2016).
Menurut dia, secara kelembagaan pihaknya akan berusha semaksimal mungkin agar perubahan tersebut segera terwujud. Saat ini tim kementrian bersama rombongan melakukan survei guna memastikan keberadaan kampus IAIN Lampung, baik dari letak kampus, tenaga sumber daya manusia, dan lain sebagainya.
Ia menerangkan Lampung merupakan provinsi kelima yang dikunjungi tim dari kementerian. Pihaknya memastikan SK perubahan status IAIN menjadi UIN akan dikeluarkan secara serentak.
Kepala Biro Organisasi Dan Tata Laksana Kementerian Agama Nur Arifin mengatakan perubahan alih status IAIN menjadi UIN Raden Intan Lampung sudah mendekati finis. “Secepat-cepatnya akhir Oktober dan selambat-lambatnya akhir November 2016,” kata dia.
Keyakinan tersebut, kata dia, terlihat berdasarkan rapat antara Kementrian Agama bersama Kementrian Sekretariat Negara pada minggu lalu. “Berdasarkan rapat yang di gelar bersama Kementrian sekretariat Negara, IAIN sudah memenuhi syarat alih status. Perpresnya sudah masuk ke meja presiden dan tinggal ditandatangani,” kata dia. (Berita LAMPOST 15 Oktober 2016)